Aplikasi Pemrograman
Bisnis
I. TEKNIK PERANCANGAN PROGRAM ORIENTASI
BUSSINES
Berikut ini akan dijelaskan beberapa teknik
perancanganprogramdidalampemrograman
terstruktur untuk mendukung proses pembangunan /
pengembangan sistem informasi (BANGSISFO)
Teknik perancangan file atau database dalam bentuk
spesifikasi file
Teknik perancangan program dalam bentuk spesifikasi
program

Langkah-langkah didalam merancang file
Adapun mengenai langkah-langkah didalam perancangan
file tersebut adalah sebagai berikut :
1. Menentukan banyaknya jumlah kebutuhan file yang
nanti akan digunakan didalam program
2. Menentukan Parameter dari file yang akan dibuat.
Parameter File meliputi hal-hal sebagai berikut :
a. Menentukan NAMA-FILE
Contoh : File-Induk-Mahasiswa
b. Menentukan AKRONIM-FILE
Contoh : Siswa.Dbf
c. Menentukan KODE-FILE
Contoh : Mhs01
d. Menentukan TYPE-FILE (file induk,file transaksi dll)
Contoh : File-Induk
e. Menentukan Panjang Record (RECORD-SIZE)
Contoh : 140 Character
f. Menentukan ORGANISASI-FILE
Contoh : Index-Sequential
g. Menentukan ACCESS-FILE
Contoh : Sequential
h. Menentukan MEDIA-FILE
Contoh : Harddisk
i. Menentukan FIELD-KEY
Contoh : Nomor induk siswa (NIS)
j. Menentukan SOFTWARE yang digunakan
Contoh : Fox-base

Langkah-langkah didalam merancang PROGRAM
Adapun mengenai langkah-langkah didalam
perancangan program adalah sebagai berikut :
1. Menentukan banyaknya jumlah kebutuhan program
yang nanti akan dibuat.
2. Menentukan Parameter dari Program yang akan
dibuat.
Parameter Program meliputi hal-hal sebagai berikut :
a. Menentukan NAMA-PROGRAM
Contoh : Program Menu Utama
b. Menentukan AKRONIM-PROGRAM
Contoh : Menu.Prg
c. Menentukan KODE-PROGRAM
Contoh : PMU01
d. Menentukan FUNGSI-PROGRAM
Contoh : Untuk menampilkan pilihan menu utama
di dalam proses Program
e. Menentukan PAKET-PROGRAMMING LANGUAGE
Contoh : Visual Basic, Visual Foxpro
f. Menentukan bentuk SISTEM FLOWCHART /
PROGRAM FLOWCHART
g. Mentukan bentuk PROSES-PROGRAM secara rinci
dan detail

SOAL LATIHAN PT
1. Dibawah ini adalah langkah-langkah dalam merancang file :
a. Menentukan banyaknya jumlah kebutuhan file
b. Menentukan parameter file
c. Jawaban a dan b benar
d. Jawaban a dan b salah
2. Dibawah ini yang merupakan FIELD KEY dari suatu tabel pegawai
perusahaan, adalah :
a. nama pegawai (napeg)c. nomor induk pegawai (nipeg)
b. jabatan pegawai (japeg) d. gaji pegawai (gapeg)
2. Dibawah ini yang merupakan FIELD KEY dari suatu tabel pegawai
perusahaan, adalah :
a. nama pegawai (napeg)c. nomor induk pegawai (nipeg)
b. jabatan pegawai (japeg) d. gaji pegawai (gapeg)
3. Dibawah ini yang merupakan Akronim File dari suatu lingkungan
pendidikan adalah :
a. Inputsiswa.prgc. siswa.db
b. siswa01d. nomor Induk Siswa (nis)

3. Dibawah ini yang merupakan Akronim File dari suatu lingkungan
pendidikan adalah :
a. Inputsiswa.prgc. siswa.db
b. siswa01d. nomor Induk Siswa (nis)
4. Dibawah ini merupakan teknik perancangan program untuk
mendukung dalam pengembangan sistem informasi, kecuali :
a. Teknik perancangan program dalam bentuk spesifkasi program
b. Teknik perancangan file dalam bentuk spesifikasi file
c. Teknik perancangan database dalam bentuk spesifikasi file
d. Teknik perancangan program dalam bentuk spesifikasi file
4. Dibawah ini merupakan teknik perancangan program untuk
mendukung dalam pengembangan sistem informasi, kecuali :
a. Teknik perancangan program dalam bentuk spesifkasi program
b. Teknik perancangan file dalam bentuk spesifikasi file
c. Teknik perancangan database dalam bentuk spesifikasi file
d. Teknik perancangan program dalam bentuk spesifikasi file
5. Dibawah ini merupakan langkah-langkah dalam perancangan file,
kecuali :
a. Menentukan SYSTEM FLOWCHART.
b. Menentukan banyaknya jumlah file yang dibutuhkan.
c. Menentukan parameter dari file yang akan dibuat.
d. Menentukan FIELD KEY

*******OOP*******
(Object Oriented Programming)

I. Pengertian
OOP (Object Oriented Programing) atau Pemrograman
Berorientasi Objek (PBO) adalah suatu cara baru dalam
berfikir serta berlogika dalam menghadapi masalah-masalah
yang akan di coba-atasi dengan bantuan komputer.
Tujuan utama dari pengembangan perangkat lunak atau
program berorientasi objek, dapat dijelaskan sbb :
Mempersingkat waktu dan menurunkan biaya
pengembangan rekayasa perangkat lunak.
Menurunkan biaya perawatan perangkat lunak.
Pemrograman berorientasi objek memberikan landasan
yang sangat berguna untuk pembuatan prototype sistem
secara cepat.


Kelebihan OOP :
ÿ Memiliki sarana yang bersifat virtual
ÿ Berorientasi kepada Objek
ÿ Bekerja didalam sistem operasi windowa
ÿ Menghasilkan program aplikasi berbasis windows
ÿ Dapat memanfaatkan Windows untuk aspek Grafis,
Multimedia dsb
Perbandingan antara pemrograman
dengan Pemrograman Terstruktur
Pemrograman Terstruktur
Penekanan pada sesuatu yang harus
dikerjakan (algoritma pemecahan
masalah)
Program berukuran besar dipecah-pecah
menjadi program-program yang lebih
kecil (Modular)
Kebanyakan fungsi/prosedur berbagi
data global
Data bergerak secara bebas dalam sistem,
dari satu fungsi ke fungsi yang lain saling
terkait
Fungsi-fungsi mentransformasi data dari
satu bentuk ke bentuk yang lain
Pendekatan adalah pendekatan top down
(dari atas ke bawah

ബെരോരിഎന്റാസി Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Pendekatan lebih pada data bukanya pada
fungsi/prosedur
Program besar dibagi kedalam Objek-
objek
Struktur data dirancang dan menjadi
karakteristik dari objek-objek
Fungsi-fungsi yang mengoperasikan data
tergabung dalam suatu objek yang sama
Data tersembunyi dan terlindung dari
fungsi/prosedur yang ada diluar
Objek-objek dapat saling berkomunikasi
dengan saling mengirim message satu
sama lain
Pendekatanya adalah bottom up (dari
bawah keatas)

II. Istilah-Istilah dalam OOP
Object adalah “benda” secara fisik atau konseptual (orang,
hardware, software, pintu, kuda dll).
Setiap Object memiliki 2 ciri khas, yaitu :
1. Atribut / property / data merupakan ciri-ciri Object
2. Methode / Behavior / Function Merupakan apa yang dapat
dilakukan oleh Object.
Contoh :
Atribut :Methode :
- Tinggi
- Umur
- Berat
Orang / Manusia
- Jalan
- Lari
- Lompat
Class adalah himpunan object sejenis
Inheritance adalah penurunan atribut atau methode dari
suatu object ke object lainya.
Contoh :
Orang :
-Tinggi, Umur, Berat
Jalan, Lari, Lompat
Bayi :
-Tinggi, Umur, Berat
Merangkak
Kakek :
-Tinggi, Umur, Berat
Jalan, tidur, mandi
III. Metode dan Objek
Ada 3(tiga) karakteristik utama bahasa pemrograman
berorientasi objek yaitu :

a. Enkapsulasi ( pengkapsulan )
Enkapsulasi merupakan gabungan beberapa
type data (record) dengan prosedur dan fungsi yang
membentuk suatu type data baru yang tepat. Hakikat
dari enkapsulasi ini adalah memadukan langkah
program dengan data yang ada didalamnya. Dengan
enkapsulasi anda dapat menyembunyikan didalam
objek, baik data maupun fungsi / prosedur. Hanya
dengan interface objek maka kita dapat mengakses
datanya.
b. Inheritance ( penurunan sifat )
Penurunan sifat memungkinkan kita untuk membuat
sebuah objek baru yang sama dengan objek sebelumnya
yang telah didefinisikan. Karakteristik dari suatu objek
diturunkan ke objek yang lain sehingga objek yang baru
akan memiliki karakteristik yang sama dengan induknya.
Penurunan ini diawali dengan mendefinisikan objek induk,
sehingga dengan menggunakan objek induk tersebut, dapat
membuat objek yang bertumpu pada objek induknya.
Sehingga akan terbentuk objek keturunan. Dimana setiap
objek turunannya dapat mengakses semua data dan
program yang dimiliki oleh objek induknya.

c. Polimorphism ( keaneka ragaman )
Dengan polimorphism kita dapat membuat sebuah
objek baru yang menunjukkan fungsi-fungsi yang sama
dengan objek induknya, namun fungsi fungsi yang
sama tersebut memiliki operasi yang berbeda-beda.
objek yang masih didalam suatu hierarki dapat
menyusun objek yang lainnya, sesuai dengan
kebutuhan dari objek tersebut, yang artinya
pemrograman berorientasi objek ini menyangkup
keaneka ragaman objek yang menjamin terhimpunnya
perpaduan keaneka ragaman data dengan prosedur
atau fungsi.
Analogi Polimorphism :
Sebuah kendaraan secara umum baik mobil maupun
sepeda motor memberi kemungkinan kepada kita untuk
melakukan operasi “maju”, “mundur”, “belok kanan/kiri”
atau “berhenti”. Namun keduanya tidak melakukan
operasi-operasi tersebut dengan cara yang sama.
Belok kanan
Maju
Belok kiri

SOAL LATIHAN PT
1. Karakterisitik bahasa pemrograman berorientasi objek yang
menyembunyikan data, fungsi dan prosedur dalam objek, adalah :
a. Polimorphismc. Inheritance
b. Modulard. Enkapsulasi
2. Karakteristik utama bahasa pemrograman berorientasi objek,
adalah :
a. Enkapsulasic. polymorphism
b. Inheritanced. Jawaban a, b dan c BENAR
2. Karakteristik utama bahasa pemrograman berorientasi objek,
adalah :
a. Enkapsulasic. polymorphism
b. Inheritanced. Jawaban a, b dan c BENAR
3. Pemrograman berorientasi objek mencakup keaneka ragaman
objek yang menjamin terhimpunnya perpaduan keaneka
ragaman antara data dengan prosedur atau fungsi, adalah :
a. Enkapsulasic. polymorphism
b. Inheritanced. Jawaban a, b dan c BENAR

3.
Pemrograman berorientasi objek mencakup keaneka ragaman
objek yang menjamin terhimpunnya perpaduan keaneka ragaman
antara data dengan prosedur atau fungsi, adalah :
a. Enkapsulasic. polymorphism
b. Inheritanced. Jawaban a, b dan c BENAR
4. Meningkatkan extensibilitas dan penggunaan kembali perangkat
lunak merupakan tujuan dari :
a. Pemrograman Terstruktur
b. Pemrograman Top Down
c. Pemrograman Object Oriented
d. Pemrograman Modular
4. Meningkatkan extensibilitas dan penggunaan kembali perangkat
lunak merupakan tujuan dari :
a. Pemrograman Terstruktur
b. Pemrograman Top Down
c. Pemrograman Object Oriented
d. Pemrograman Modular
5. Dibawah ini pernyataan yang benar tentang metode dan objek,
kecuali:
a. Metode merupakan suatu procedure atau fungsi yang disatukan
dalam suatu objek
b. Didalam sebuah objek, metode didefinisikan dengan sesuatu
header fungsi atau prosedur.
c. Nama metode harus diletakkan sebelum nama objek yang
memiliki metode tersebut
d. Diluar objek, sebuah metode didefinisikan secara penuh.

Komentar